Macam-macam Software/Program Pengolah Angka


1.    Microsoft Exel
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2013 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2013, sedangakan versi sebelumnya adalah Microsoft Office 2010

 
2.    KSPREAD
KSpread adalah aplikasi spreadsheet yang merupakan bagian dari KOffice, paket office terintegrasi untuk desktop KDE. Beberapa fitur KSpread antara lain: beberapa lembar kerja dalam satu dokumen, beragam kemungkinan pemformatan, dukungan untuk lebih dari 100 fungsi, template, diagram, pemeriksa ejaan, hyperlink dan pengurutan data.
Format dokument KSpread adalah XML, dikompresi dengan zip. Namun demikian, KSpread mempunyai kemampuan mengimpor spreadsheet dari format lain, termasuk Microsoft Excel, Applix Spreadsheet, Quattro Pro, CSV dan OpenOffice.org Calc.
Kspread merupakan aplikasi pengolah kata yang dapat dijalankan diberbagai system operasi. Selain itu Kspread memiliki tampilan menu-menu dan tombol-tombol yang mudah digunakan.
Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki Kspread:
•         Dapat menggunakan banyak table dan lembaran kerja dalam satu dokumen
•         Mempunyai banyak template ntuk membuat dokumen
•         Mempunyai banyak format grafik
•         Dapat menambahkan header dan footer
•         Mempunyai lebih dari 100 fungsi.
•         Mengurutkan data
•         Pengecekan validasi sel data
•         Hyperlink
•         Pengaturan baris, kolom dan sel


3.    Openoffice.org calc
Openoffice.Org Calc atau dikenal dengan sebutan CALC merupakan aplikasi pengolah kata yang Opensource Platform. Selain itu penempatan menu-menu ,perintah-perintah dan tombol-tombol toolbar tidak jauh berbeda dengan excel, sehingga pengguna yang biasanya menggunakan Microsoft excel tidak akan kesulitan dalam menggunakan aplikasi pengolah angka ini. Jika kita menyimpan file dokumen dalam format OpenOffice calc, dapat dibuka dan diedit di Microsoft Excel , juga dapat menyimpan file dokumen dalam format PDF.



4.    Lotus 1-2-3
Lotus 1-2-3 adalah program spreadsheet dari Lotus Software (sekarang bagian dari IBM). Ini pertama PC IBM “killer aplikasi”;. Popularitas besar di pertengahan 1980-an memberikan kontribusi signifikan terhadap keberhasilan IBM PC di lingkungan perusaan. Kelebihannya adalah digunakan secara mudah, meniungkatkan kinerja penggunanya,. Kelebihannya yang lain adalah kemampuannya untuk mempertukarkan dokumen dengan aplikasi lain, misalnya Microsoft Excel.Lotus 1-2-3 merupakan aplikasi pengolah kata yang paling tua. Sebagai aplikasi pengolah kata dapat dikatakan lotus 1-2-3 memiliki kemampuan dan fitur yang lengkap
 


5.    StarOffice
Merupakan aplikasi pengolah kata yang bersifak multiplatform yang artinya dapat dijalankan di berbagai system operasi. Kelebihan dari Staroffice Calc adalah kemampuannya untuk mengenali dan mengklarifikasi data yang ditempatkan dilembaran kerja dan membantu penggunanya untuk membuat grafik dari data kerja tersebut sehingga lebih mudah untuk mengkomunikasikannya kepada orang lain. Kemudian daripada itu file-file yang dibuat di starOffice Calc dapat dijalankan di Microsoft Excel , sehingga lebih mudah. StarOffice Calc memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan dan menganalisis data , serta mengkonvensi dan sharing ke data pengolah aplikasi angka lainnya. Seperti yang dikemukakan di atas , StarOffice dapat mengimpora data dari Lotus 1-2-3, serta dapat mengkonvensi data atau file kedalam PDF.
StarOffice yang dikenal secara singkat sebagai Office Oracle Terbuka sebelum penghentian pada tahun 2010, merupakan office suite proprietary. Ini pada awalnya dikembangkan oleh StarDivision yang diakuisisi oleh Sun Microsystems pada tahun 1999. Sun sendiri pada tahun 2009 diakuisisi oleh Oracle Corporation.StarOffice OpenOffice.org mendukung format file XML, serta standar OpenDocument, dan dapat menghasilkan format PDF dan Flash. Ini termasuk template, perekam makro, dan kit pengembangan perangkat lunak (SDK).
Kode sumber dari suite ini dirilis pada bulan Juli 2000, menciptakan, sumber office suite gratis terbuka yang disebut OpenOffice.org, yang versi berikutnya dari StarOffice didasarkan pada, dengan komponen proprietary tambahan.



6.    Gnome Office-Gnumeric
Merupakan aplikasi pengolah kata dari GNOME office. GNOME office bersifat opensource yang kita dapat mendownload dan menggunakannya secara bebas. Serta bersifat multiplatform yang kita dapat menginstal di berbagai system operasi. Jika penggunaterbiasa menggunakan Microsoft Excel maka tidak akan kesulitan dengan pengolah kata ini karena jendela Gnumeric dilengkapi dengan menu-menu, toolbar yang hampir mirip dengan Microsoft Excel. Gnumeric memiliki tampilan yang user friendlydi mana jendela Gnumeric dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar.


7.    Abacus
Merupakan aplikasi pengolah kata yang memiliki memori sangat kecil dan mudah untuk menggunakannya. Abacus memiliki tampilan yang berisi menu-menu dan toolbar yang memudahkannya utnuk digunakan.

        
8.    XESS
XESS merupakan aplikasi pengolah kata yang dikeluarkan oleh AIS (Applied Information system) dan dapat dijalankan di system operasi LINUX, UNIX,OpenVMS, dan windows. XESSdikeluarkan dalam 2 versi yakni versi enterprise yang dibuat untuk penggunaan ditingkat perusahaan dan versi lite yang ditujukan dengan penggunaaan yang perseorangan. Kelemahannya dalah harganya yang sangat mahal.

3 comments:

oakleyses said...

louis vuitton, polo ralph lauren, nike free run, oakley sunglasses, polo ralph lauren outlet online, sac longchamp pas cher, michael kors pas cher, longchamp outlet, tiffany and co, uggs on sale, prada outlet, replica watches, tiffany jewelry, nike free, polo outlet, longchamp pas cher, prada handbags, louboutin pas cher, chanel handbags, nike air max, air max, ugg boots, nike air max, nike roshe, burberry pas cher, ray ban sunglasses, oakley sunglasses, oakley sunglasses, christian louboutin outlet, gucci handbags, louis vuitton, louis vuitton outlet, tory burch outlet, louis vuitton outlet, longchamp outlet, christian louboutin uk, louis vuitton outlet, longchamp outlet, christian louboutin shoes, cheap oakley sunglasses, nike outlet, kate spade outlet, jordan shoes, jordan pas cher, ray ban sunglasses, ray ban sunglasses, oakley sunglasses wholesale, replica watches

oakleyses said...

louis vuitton, pandora jewelry, coach outlet, montre pas cher, moncler, ray ban, canada goose uk, karen millen uk, ugg uk, pandora uk, moncler, converse outlet, juicy couture outlet, gucci, moncler, moncler, canada goose, swarovski, replica watches, ugg pas cher, lancel, wedding dresses, canada goose jackets, hollister, canada goose outlet, moncler outlet, hollister, supra shoes, juicy couture outlet, moncler outlet, louis vuitton, vans, canada goose outlet, barbour uk, ugg,uggs,uggs canada, links of london, ugg,ugg australia,ugg italia, nike air max, pandora jewelry, louis vuitton, louis vuitton, canada goose, converse, barbour, pandora charms, swarovski crystal, louis vuitton, thomas sabo, marc jacobs, canada goose outlet, canada goose, moncler uk

jeje said...

coach outlet
ugg boots
kate spade handbags
coach outlet
christian louboutin outlet
ecco shoes
clarks outlet
ugg boots clearance
north face
salomon shoes

Post a Comment

Best Brands

Anti Virus (5) Antivirus 2011 (1) antivirus terbaru (5) aplikasi gratis (2) Apple (1) Avira Antivir terbaru (1) berita teknologi (28) Bisnis Onlie (3) Bisnis Online (2) Blogvertise (1) Browser (3) Cara cari uang di Internet (1) Custom Blog (1) Dampak Teknologi Informasi (2) Digital Camera (6) Domain (1) download (9) ebook (1) error pada shoutmix (1) Excel (1) Facebook (8) Free Webhosting (1) Game (1) google (1) GPS (1) Handphone (3) Hardware (13) Hosting (1) HTML (1) IMCrew (1) Internet (24) Internet Explorer (1) iPAD (1) iPhone (1) Jaringan Komputer (7) Kebijakan Pemerintah (1) Kolom Tutorial (25) Komputer (5) Komputer terbaru (2) LAN (9) Lapop (3) laptop (1) Laptop 3D (1) laptop blue screen (2) Links Exchange (1) Linux (6) Makalah TIK (2) Materi Pembelajaran TIK (11) Materi TIK SMP Kelas 7 (16) Materi TIK SMP Kelas 8 (6) Materi TIK SMP Kelas 9 (2) mengatasi blue screen (1) Mengatasi komputer hang (1) Microsoft Office (8) monitor (1) Mouse (1) Netbook (1) Nokia (2) Notebook (10) Operasi Dasar Pada Operating System (1) Operating System (13) optimasi blog (3) Paid Review (1) paypal (1) PC (3) Pengantar Ilmu Komputer (4) Pengenalan komputer (2) Pengolah Grafis (1) PerananTeknologi Informasi (2) Perangkat Keras (3) Perangkat Lunak (1) Perkembangan TIK (14) Pernanan Teknologi Informasi (3) Photoshop (1) Ponsel (1) Pornografi Blog (1) PowerPoint (1) Powersuplly (1) PTC (1) Review Program (1) Samsung (1) Search engine (1) Sejarah Komputer (6) Sejarah TIK (2) SEO (2) Sistem Operasi (2) Smadav 8.4 (1) Smadav Januari 2010 (1) SMS (1) Soal TIK (2) Software (30) Software Pengolah Gambar (1) Teknologi Informasi (3) TIK (1) tips and trik (1) Tips and Triks (14) Twitter (1) Ubuntu (2) Video (1) Virus Komputer (2) Windows (5) Wireless (5) Yahoo (1)