Tuesday, April 28, 2009

Aplikasi-Aplikasi Pengolah Gambar

Entah karena hobi atau karena senang memotret aku jadi senang mengoleksi aplikasi-aplikasi pengolah gambar, baik yang freeware maupun shareware. Sekadar ingin berbagi daftar aplikasi pengolah gambar tersebut, maka aku coba tuliskan daftar software tersebut beserta sedikit keterangan secara ringkas yang kuperoleh dari berbagai macam media dan tentu juga berdasar pengalaman sendiri .

Pada prinsipnya ketika kita mengambil gambar/foto baik melalui kamera digital, HP kamera, ataupun scanner, mempunyai karakteristik beragam dan tentu saja hal ini banyak dipengaruhi oleh faktor hardware dan kondisi ketika kita mengambil objek foto tersebut. Jika kita merasa tidak puas akan hasil foto yang telah kita dapatkan ada baiknya kita mengolahnya terlebih dahulu menggunakan software-software pengolah gambar, tujuannya sudah barang tentu untuk meningkatkan kualitas dari foto yang telah kita ambil atau mungkin sekadar ingin memberikan efek atau variasi pada gambar yang kita olah. Software yang ku list di bawah ini ada yang dihkususkan untuk kalangan professional, tapi ada juga bagi pemula dan menengah.

1. Adobe Photoshop CS 3 - untuk professional (situsnya di www.adobe.com)
Software ini adalah yang paling populer bagi kalangan profesional. Software ini memberi banyak keleluasaan bagi penggunanya untuk melakukan kreasi, serta fleksibilitasnya yang dapat memberikan efek-efek khusus pada gambar yang boleh dibuat oleh pihak ke tiga (plug in).

2. Light Zone 1.7-untuk professional (www.lightcrafts.com)
Software ini menurut pengembangnya dibuat oleh para fotografer dan memang ditujukan untuk para fotografer profesional. Software ini menawarkan konsep (digital dark zoom) atau apa yang biasa kita sebut kamar gelap digital. Namun untuk para penguna awam pun aku kira software ini akan sangat mudah dipahami karena memang tampilan antarmukanya sangat sederhana dan informatif jadi bisa dengan melakukan try n error dulu ketika pemula menggunakan software ini.

3.Corel Paint Shop Pro Photo -untuk kalangan menengah (www.corel.com)
Dari judulnya mungkin anda mengira software ini akan sedikit mirip dengan aplikasi paint bawaan windows. Yap... Program ini interface sedikit mirip dengan paint namun memiliki lebih banyak fitur menawan disamping itu juga tampilannya lebih komunikatif dan mudah digunakan.

4. Adobe Photoshop Element- untuk kalangan pemula (www.adobe.com)
Software ini sebenarnya adalah bentukan sederhana dari Adobe photoshop CS. Tujuannya dikeluarkan software ini menurut pengembangnya adalah membidik sasaran pengguna pemula yang kesulitan menggunakan photoshop prefesional. Software ini cukup mudah digunakan dan resource yang digunakan tidak sebesar photoshop professional tapi kualitas hasilnya cukup baik.

5. Ulead PhotoImpact -untuk kalangan menengah (www.ulead.com)
Software ini boleh dibilang paket pengolah gambar terlengkap yang cukup nyaman digunakan. kelebihan dari software ini adalah kemampuannya dalam membuat aneka kartu undangan, kartu ucapan, label, kalendar, bahkan sharing foto dan kartu ucapan melalui email. Sebagai tambahan photoimpact juga menyediakan tool khusus untuk membuat tampilan 3 dimensi.

6. PainBuster -untuk pemula (www.softbuster.com)
Seperti pengolah gambar lainnya, software inipun dapat membantu melakukan pengaturan pencahayaan pada foto yang diambil pada kondisi dengan cahya yang minim atau foto yang diambil menggunakan hp kamera tanpa blitz. Kelebihannya dari software ini adalah jenis format gambar yang didukungnya hingga lebih dari 200 format file, selain itu software ini cocok untuk pengguna amatir hingga profesional.

7. PhotoPlus-untuk kalangan menengah (www.freeserifsoftware.com)
Photoplus merupakan software yang sangat simple tapi hebatnya kualitas foto hasil olahannya sekualitas foto olahan software profesional. Banyak sekali fitur unik yang ditawarkan oleh software ini. Yang lebih menawan adalah software ini juga tergolong kedalam freeware alias gratis tanpa batasan waktu. Meskipun gratisan namun tersedia juga beragam efek yang dapat mempercantik foto anda.

8.The GIMP (GNU Image Manipulator Program) -untuk kalangan profesional (www.gimp.org)
Melihat dari judulnya kita sudah bisa menebak bahwa software ini gratisan, ya karena memang dikembangkan oleh komunitas pecinta desain grafis. Namun jangan salah software ini juga bisa disejajarkan dengan software profesional lainnya. Fleksibilitas yang tinggi ketika memproses gambar adalah salah satu kelebihan yang dimilikinya. Software ini juga tersedia untuk beragam sistem operasi seperti Linux, Windows dan MacOS.

9. Magic Phot Clinic -untuk kalangan menengah (www.magix.net)
Software ini sangat mudah digunakan dan dilengkapi oleh efek siap pakai yang beragam dan sudah barang tentu gratis. Cocok untuk kalangan pemula hingga menengah meskipun kemampuannya tergolong cukup terbatas tapi kelemahan ini tertutup oleh lisensinya yang freeware.

10. Picasa-untuk pemula (www.picasa.google.com)
Dilihat dari situsnya sudah barang tentu ada kaitannya dengan mesin pencari terhebat di dunia ini. Ya memang picasa ini dibuat oleh pemilik portal pencari online google. Picasa mempunyai kemampuan yang sangat menakjubkan . Kemampuannya dalam mengolah gambar digital dan menyimpannya kedalam beragam format sudah tak dapat diragukan lagi karena memang hasil olahannya sangat baik, namun yang paling penting adalah lisensinya yang gratis tis tis tis tis..........

11. Photobie -untuk langan menengah (www.photobie.com)
Daftar terakhir dari software pengolah gambar ini ditempati oleh Photobie yang sudah barang tentu dapat mengolah gambar yang cukup baik yakni dengan teknik layering macam photoshop. Hal inilah yang menyebabkan software ini boleh dibilang memilki kemampuan menengah. tak lupa juga pembuat software ini melisensikan software ini ke dalam freeware alias cuma-cuma. kelebihannya lainnya adalah dapat merekam layar, membuat animasi GIF, dan kemampuan mengolah banyak gambar dalam satu waktu (batch).

sumber : http://sevika-qyanndra.blogspot.com/

0 comments:

Post a Comment

Followers

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!