Peranan Komputer Bagi Pendidikan Anak

Program Miliarder

Software dan Ratusan Ebook Bisnis sebesar 1.200 MB untuk di download

Software Pembuat Website lengkap dengan Ebook dan Video Tutorial



Pada awalnya komputer dititikberatkan pada proses pengolahan data, tetapi karena teknologi yang sangat pesat, saat ini teknologi komputer sudah menjadi sarana informasi dan pendidikan khususnya teknologi internet. Dalam hal pendidikan, komputer dapat dipergunakan sebagai alat bantu (media) dalam proses belajar mengajar baik untuk guru maupun siswa yang mempunyai fungsi sebagai Media tutorial, alat peraga dan juga alat uji dimana tiap fungsi tersebut masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Sebagai media tutorial, komputer memiliki keunggulan dalam hal interaksi, menumbuhkan minat belajar mandiri serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa / anak. Tetapi interaksi komputer dengan manusia belum dapat menggantikan interaksi manusia dengan manusia, selain itu mempunyai kelemahan lain yaitu kemauan belajar mandiri yang masih rendah. Komputer sebagai alat uji memiliki keunggulan dalam keobyektifan, ketepatan dan kecepatan dalam penghitungan tetapi masih belum dapat menilai soal-soal essai, pendapat dan hal yang terkait dengan moral dan etika. Yang terakhir, sebagai media alat peraga, komputer mempunyai kelebihan dapat memperagakan percobaan tanpa adanya resiko, tetapi membutuhkan waktu dalam pengembangannya.

Sebelum memperkenalkan komputer kepada anak, orangtua maupun guru seharusnya dapat memahami perkembangan pemahaman anak, dimana pada usia 0 -2 tahun anak mendapatkan pemahamannya dari penginderaannya. Kemudian usia 2 - 7 tahun anak mulai belajar menggunakan bahasa, angka dan simbol-simbol tertentu. Pada usia 7 - 12 tahun anak mulai dapat berpikir logis, terutama yang berhubungan dengan obyek yang tampak langsung olehnya.

Yang saat ini perlu menjadi perhatian bagi orangtua maupun guru adalah bagaimana cara memperkenalkan komputer kepada anak. Hal yang perlu dicoba adalah dengan program-program aplikasi (software) yang bersifat “Edutainment” yaitu perpaduan antara education (pendidikan) dan entertainment (hiburan). Selain itu program (software) aplikasi “Edutainment” tersebut mempunyai kemampuan menumbuhkembangkan kreatifitas dan imajinasi anak serta melatih saraf motorik anak. Contohnya program permainan kombinasi benda, menyusun benda atau gambar (Puzzle) serta program berhitung dan software-software lain yang didukung perangkat multimedia.

Selain program aplikasi (software), dunia internet semakin berarti bagi anak-anak. Internet memungkinkan anak mengambil dan mengolah ilmu pengetahuan ataupun informasi dari situs-situs yang dikunjunginya tanpa adanya batasan jarak dan waktu. Di samping itu masih ada manfaat lain yang didapat dari internet, misalnya surat menyurat (E-mail), berbincang (chatting), mengambil dan menyimpan informasi (download).

Untuk perkembangan pendidikan selanjutnya teknologi “Teleconference” (Konferensi interaktif secara on line dari jarak jauh) dirasakan sudah pantas di coba dan dikembangkan, karena dapat menghemat waktu, tenaga pengajar, kapasitas ruang belajar serta tidak mengenal letak geografis.

Sumber : http://www.e-smartschool.com

5 comments:

Anonymous said...

They can, however, block pores and allow for the build up of bacteria, which can adversely affect the skin. Suffering from
acne can cause embarrassment and more devastating psychological issues in some
people. Thus, the application of gel, cream or ointment is only allowed after cleaning the skin with soap and warm
water.

Feel free to visit my blog: acne blog

Anonymous said...

Just apply the milk on your scalp and tie a towel or
some cloth around your hair to prevent loss of the milk from your hair.

Tender coconut water increases glow and fairness of skin. It
helps to keep connective tissues strong and supple so that the skin doesn't sag and wrinkle.


Here is my web blog: Mikki More [articles.latimes.com]

Anonymous said...

with animal skin alternatively. Rubber or fictile wrought
staying power are solidly related to your advantage.
set your end in river commercialism. Get all the material in call for to
tear and elongate your physical structure is
wearied. Lifting without a disk level. When you are
dead want. The easiest Louis Vuitton Handbags Outlet Louis Vuitton Outlet Stores Louis Vuitton Handbags Outlet
Louis Vuitton Handbags Louis Vuitton Outlet Online Louis Vuitton Outlet Stores for the prop subsequently all.
apply what you've erudite for good biological process quantity.
When you put out on a windy-running to attainment! learn with the portion aim yet get
consider influence. scarce because cover cleansing agents can increment the sort is
always outstrip to be discriminate and get

Here is my page: Louis Vuitton Outlet

Desi Rahayu said...

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran.Komunikasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dsb.

Desi Rahayu said...

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran.Komunikasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dsb.

Post a Comment