Kombinasi antivirus PCMAV dengan Engine ClamAV Linux

Berdasarkan hasil blogwalking kemana-mana termasuk ke situs VirusIndonesia, juga beberapa review serta komentar dari banyak rekan-rekan tentang masalah yang mereka hadapi pada saat ingin mengkombinasikan engine ClamAV dengan PCMAV, maka aku langsung mencoba menjajal untuk melihat apakah aku mengalami masalah yang sama dengan yang telah diutarakan teman-teman yang lain.

Sebagai informasi aku menggunakan PCMAV 1.0 RC20 yang baru saja dirilis pada majalah PC Media 10/2007, jadi ini merupakan versi terbaru. Memang aku belum mencobanya pada versi-versi sebelumnya, tapi menurut aku prosedurnya sama hanya saja mungkin engine ClamAV yang didukungnya yang berbeda. Khusus untuk RC20 ini sudah mendukung engine 0.9x dari ClamAV berdasarkan rilis dari website VirusIndonesia.


Langsung saja, yang harus dipersiapkan yaitu:

  1. Download ClamAV - yang bisa kita dapatkan pada link ini clamav-win32-vc6-0.91.2.7z.
  2. Kemudian download juga dua file updatenya, masing - masing main.cvd di sini dan daily.cvd di sini. Sedikit informasi, khusus untuk file main.cvd, berdasarkan hasil trial dan error mendownload pada website yang sama, terkadang pada saat kita mendownloadnya, yang terdownload secara otomatis adalah file main_2.cvd, dan inilah mungkin salah satu yang sering terabaikan sehingga membuat PCMAV tidak bisa mendeteksi keberadaan engine ClamAV dengan baik dan memunculkan pesan error. Untuk mengatasi masalah ini jika memang yang terdownload adalah main_2.cvd, maka setelah proses download selesai rubahlah nama dari file main_2.cvd ini dengan menekan tombol F2 pada keyboard persis pada nama file, dan gantilah namanya menjadi main.cvd
  3. Tentu saja aplikasi PCMAV itu sendiri, yang bisa anda dapatkan melalui majalah PCMedia atau bisa juga download dari sini, tapi harap di-ingat, ini bukan untuk kepentingan komersial!!!, dan file ini secara resmi merupakan hak paten dari PCMedia.

Jika semuanya telah selesai anda download, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Ekstrak file PCMAV10RC20plusUpdate.zip ke folder yang anda inginkan, misalnya D:\PCMAV\
  2. Kemudian, dengan menggunakan aplikasi kompresi 7-zip yang bisa anda download langsung dari websitenya atau klik link ini untuk langsung mendownloadnya, ekstrak juga dua file berikut pthreadVC2.dll dan libclamav.dll dari file clamav-win32-vc6-0.91.2.7z yang telah kita download sebelumnya
  3. Copy-kan kedua file yang baru saja anda ekstrak pada langkah #2 diatas kedalam folder PCMAV
  4. Begitu juga dengan file main.cvd dan daily.cvd yang juga telah kita download sebelumnya, kita copy-kan kedalam folder PCMAV.
  5. Jika memang anda telah mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar, maka isi dari folder PCMAV akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini:

    pcmavfolderscreenshot

Untuk memastikan bahwa PCMAV telah membaca engine dari ClamAV dengan baik, coba jalankan aplikasi PCMAV-RTP.exe, dan seharusnya hasilnya akan seperti pada gambar ini:

pcmavrtpscreenshot

Langkah-langkah diatas berdasarkan yang telah aku coba sebelumnya dan berhasil.

sumber : http://tianzega.wordpress.com

0 comments:

Post a Comment