Pengenalan Internet

Software Penghasil Uang Otomatis Bekerja Non Stop Bergaransi
Download Ebook dan Software Bisnis senilai 1.200 MB
Software Pembuat Website, membuat website semudah membuat es jeruk


Definisi Internet

Sebagian dari kita mungkin sudah pernah mendengar istilah LAN ( Local Area Network ). LAN merupakan sebuah sistem jaringan komputer terpadu.Jaringan ini menyebabkan computer satu dan computer lain dapat saling berhubungan dan melakukan tukar menukar data dengan cepat dan mudah.Kelemahannya,LAN hanya dapat diterapkan untuk computer-komputer di dalam satu gedung yang sama.Hubungan antar computer LAN dilakukan melalui saluran kabel,karena ruang lingkup yang kecil.

Secara umum, internet juga memiliki system kerja yang hampir sama dengan LAN.Namun dalam internet, antara computer satu dan yang lain di seluruh dunia dihubungkan melalui saluran telepon atau satelit. Oleh karena itu internet merupakan jaringan computer terbesar di dunia. Komputer yang telah dilengkapi dengan fasilitas internet, akan langsung dapat berhubungan dan saling bertukar data dengan saluran computer di seluruh dunia secara cepat dan mudah. Jadi, Internet adalah jaringan computer yang saling terhubung ke seluruh dunia tanpa mengenal batas territorial, hukum dan budaya. Secara fisik dianalogikan sebagai jaringan laba-laba (The Web) yang menyelimuti bola dunia dan terdiri dari titik-titik (node) yang saling berhubungan.

Node bisa berupa computer,jaringan local atau peralatan komunikasi .Adapun garis penghubung antar simpul yang merupakan tulang punggung (backbone) yaitu media komunikasi terrestrial (kabel, serat optic, microwave, radio link) maupun satelit yang berkecepatan tinggi. Node terdiri atas pusat informasi dan database, peralatan computer dan perangkat interkoneksi jaringan serta peralatan yang dipakai pengguna untuk mencari, menempatkan dan atau bertukar informasi di Internet.

Secara fisik, internet merupakan interkoneksi antar jaringan computer. Namun secara umum internet harus dipandang sebagai sumber daya informasi. Isi internet adalah informasi. Oleh karena itu, internet dapat diumpamakan sebagai suatu database atau perpustakaan multimedia yang sangat besar dan lengkap. Bahkan, internet dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain (maya) karena hampir seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada di dalam internet seperti bisnis, hiburan, olahraga, politik, dan lain sebagainya.

2.Sejarah Internet

Sejarah internet bermula pada akhir decade 60-an saat United States Departemen of Defense (DoD) memerlukan standar baru untuk komunikasi internetworking. Sarana tersebut merupakan standar yang mampu menghubungkan segala jenis computer diDoD dengan computer milik kontraktor militer serta organisasi penelitian dan ilmiah di universitas. Jaringan ini harus kuat, aman dan tahan kerusakan sehingga mampu beroprasi didalam kondisi minimum akibat bencana atau perang.

Pada tahun 1969,DoD memberi tugas kepada Advanced Research Project Agency (ARPA) untuk melakukan penelitian jaringan computer mempergunakan teknologi packet switching. Jaringan komunikasi yang diciptakan ini disebut ARPAnet.Pada awalnya,ARPAnet membangun jaringan yang menghubungkan empat tempat,yaitu:

* Stanford Research Institute (SRI),
* University of California at Santa Barbara(UCSB),
* Unifersity of california at LosAngeles(UCLA),dan
* University of Utah.

Tujuan awal pembentukan jaringan tersebut adalah untuk menghasilkan satu jaringan yang membolehkan proses pemindahan,pengambilan data yang terhubung antara computer satu dan computer lain yang terletak di tempat-tempat yang berbeda melalui beberapa jalur komunikasi yang berlainan.

Keadaan hubungan aliran komunikasi ini memang dibuat sedemikian rupa supaya proses pemindahan data tidak terganggu seandainya ada peperangan. fungsi jaringan computer didesain dalam kondisi yang tidak terpusat supaya tidak ada satu bagian atau kawasan khusus yang di musnahkan ketika keadaan sedang perang, oleh karena itu, apabila salah satu pusat pengendali computer hancur tidak akan menghancurkan system komputer yang lain.

Pada tahun 1970, penelitian yang dilakukan di Stanford Unifersity menghasilkan sebuah protocol yang disebut TCP/IP.Protokol TCP/IP inilah yang berkembang terus hingga sekarang dan menjadi protocol standar dalam internet. Tahun 1986 ARPAnet mulai dikomersialkan dengan mengisolasikan jaringan militer. National Science Foundation (NFS) kemudian membiayai pembongkaran backbone ARPAnet menjadi backbone internet komersial dan dikelola oleh Advanced Network Service(ANS). Andil besar dalam perwujudan internet adalah tergabungnya jaringan regional seperti SPAN (jaringan fisika energi tinggi), BITNET (jaringan mainframe IBM), EARN (jaringan akademis Eropa dan digunakan pula di Eropa Timur) dan ditambah dengan sejumlah link transatlantic yang beroprasi pada 64 Kbps-2 Mbps pada tahun 1988.

0 comments:

Post a Comment