Backup Windows Menggunakan Hirent

Windows kita sering sekali terganggu oleh keberadaan virus, bahkan ada yang karena pengaruh listrik mati mendadak tiba-tiba windows eror sehingga tidak dapat digunakan. Untuk memperbaiki biasanya dengan install ulang windows. Tapi tentu saja lumayan harus mengeluarkan duit lagi untuk install tersebut. Kalau bisa install sendiri sih lumayan irit. Selain mahalnya biaya install kadang juga menyita waktu, karena butuh agak lama untuk install windows dan aplikasi under windows. Apalagi jika menggunakan jasa install, tentu butuh waktu agak lama. Jadinya repot kan?


Lalu bagaimana untuk mensiasati semua itu? Solusi yang bisa saya tawarkan adalah bawa aja ketempatku biar jadi masukan duit, he… becanda teman…. Caranya mudah kalau mau coba yaitu dengan membuat back up windows kita menggunakan hiren’s (pakai ghost). Apalagi sekarang hiren’s udah ada versi 9.8 yang dapat support untuk sata. Setelah windows kita lengkap terinstal maka jangan lupa buat ghost nya, agar ketika windows kita eror maka cepat diperbaiki, hanya butuh waktu 10 menitan dah kembali seperti semula.

Caranya adalah sebagai berikut:
  • Masukkan cd hiren’s bootable, kalau belum ada bisa cari lewat mbah google atau download langsung di artikel ini.
  • Pastikan settingan bios bahwa booting awal adalah lewat CD Room atau DVD Room, untuk hiren’s 7 maka tampilan akan agak beda dengan hiren’s 9.8, tapi sebenarnya sama, dengan aplikasi hiren’s 9.8 tentunya lebih lengkap.
  • Pilih boot CD Room, kemudian pilih Norton ghost, pilih ghost.
  • Untuk membuat back up maka pilih partition-to image, baca hati-hati perintahnya, untuk source tentu pake drive yang ada windowsnya donk.
  • Selanjutnya ikuti saja langkah-langkahnya, untuk menyimpan pilih di drive mana yang masih kosong kemudian beri nama klik save.
  • Pilih dengan high dan jika ada kotak dialog lagi klik aja yes.
  • Maka windows kita akan di back up (kira-kira menghabiskan drive separo dari total size yang digunakan dalam windows).

Selamat mencoba. Jika ada masalah bisa ditanyakan lewat artikel ini.

Catatan: untuk restore kembali pilih urutan yang sama (tampilan pertama muncul setelah "OK" kemudian pilih partition pilih from image) dalam waktu singkat windows anda akan kembali seperti semula tanpa harus install ulang.

sumber : http://slamet-riyadi04.blogspot.com/

0 comments:

Post a Comment