Mengenal Operating System Linux "Ubuntu 8.10"

Beberapa waktu yang lalu saya pernah mendapat kiriman CD yang berisi Software Ubuntu, caranya cuma daftar dan mengisi form permohonan CD ubuntu. Software tersebut dapat kita instal di komputer kita, berdampingan dengan windows (jika kita ingin mencoba Ubuntu tersebut). Jika kita sudah mahir tak ada salahnya kita memakai software tersebut, toh gratis dan tak kalah bagusnya dengan Windows. Securitynya juga cukup bagus.

Windows adalah sistim operasi/operating system (OS) yang umum digunakan, para pengguna komputer biasa, seperti saya sendiri terbiasa menggunakan Windows. Windows XP, Vista, dan terakhir Windows 7 (Seven) menjadi OS favorit bagi sebagian besar orang.Selain Windows, ada OS lain yang biasa dipergunakan, seperti Mac OS dari Apple, dan Linux dengan berbagai variannya. Di sini saya tidak akan membahas OS tersebut secara detail, tapi hanya memperkenalkan secara sekilas OS Ubuntu. O, iya, artikel ini saya tulis setelah saya mendapatkan CD Ubuntu 8.10 dan telah saya coba install di laptop Axioo saya (saya pake dual system).

Ubuntu yang berbasis Linux sebagai OS alternatif bagi saya memiliki keunggulan yang cukup signifikan dibandingkan Windows dan Mac, yaitu free alias gratis. Jika Windows, kita harus membelinya dengan harga tertentu (sekitar 800 ribuan untuk XP Home, dan di atas 1 juta untuk XP Pro dan Vista), dan untuk Mac, kita akan mendapatkannya jika membeli perangkat PC atau laptop Mac (yang harganya lebih tinggi lagi dibandingkan kita membeli PC atau laptop standar P4 misalnya). Untuk Ubuntu sendiri kita bisa mendapatkan secara gratis (bisa dengan cara mendownload di situs Ubuntu atau meminta CD OS Ubuntu dari situs Ubuntu secara gratis pula).

Ubuntu yang gratis ini tidak berarti kita tidak mendapatkan support lanjutan dari Ubuntu, tapi kebalikannya kita tetap akan mendapatkan support berupa update-update terbaru secara online. Ubuntu terbaru saat ini adalah versi 8.10 (Intrepid Ibex) memberikan banyak kemudahan baik dalam instalasi, penggunaan, atau updating-nya. Jika dulu untuk instalasi OS berbasis Linux, persiapan yang harus dilakukan relatif rumit (kalo menurut saya lho ini), kita harus membuat partisi baru dan membagi partisi-partisi tersebut untuk keperluan instalasi.Belum lagi jika kita ingin menggunakan dobel OS, dengan windows misalnya, akan semakin rumit lagi.

Kesulitan dan kerumitan yang saya alami dulu saat menginstall Linux (saat itu mencoba Red Hat dan Open Suse) tidak saya temui di Ubuntu 8.10 ini, kita tidak perlu menyiapkan partisi baru, karena Ubuntu 8.10 ini akan melakukan analisa otomatis di drive mana dia akan menginstall (dengan melihat space yang tersisa dari masing-masing drive yang ada), dan memberikan rekomendasi-rekomendasi yang sebaiknya kita lakukan. Proses instalasi pun berjalan secara otomatis hingga akhirnya siap kita pakai.

Setelah selesai instalasi, Ubuntu 8.10 ini siap pakai termasuk dengan segala aplikasi pendukung yang standar, dimana jika dalam Windows kita harus melakukan instalasi secara terpisah (misalnya Microsoft Office, PhotoShop, Browser Firefox, Yahoo Messenger, dan aplikasi lainnya). Nah, dalam Ubuntu 8.10 ini, aplikasi tersebut sudah ikut terinstall, tapi memang bukan aplikasi yang sama, tapi aplikasi tersebut sudah mendukung (bisa membuka data-data) yang biasa dikerjakan oleh aplikasi dalam OS Windows.

Apa saja aplikasi yang ada dalam Ubuntu 8.10?

Berikut ini beberapa aplikasi yang ada dalam Ubuntu 8.10:

Word Processor. Aplikasi ini serupa dengan Microsoft Word dalam Windows, di sini kita bisa membuka file-file yang diproses melalui Microsoft Word, selain itu menu dan fitur-fiturnya pun tidak jauh berbeda dengan Microsoft Word.

Spreadsheet. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini berfungsi sama seperti Microsoft Excel,dengan tampilan dan fitur yang sama pula.

Presentation. Bagi yang biasa melakukan presentasi dengan Power Point, maka aplikasi ini tepat bagi Anda, sama seperti 2 aplikasi office di atas, dalam Presentation ini pun fitur dan menu yang ditawarkan mirip dengan Microsoft Power Point.

Gimp. Nah, untuk yang suka mengotak atik foto atau image lain dengan Adobe PhotoShop atau Corel PhotoPaint jangan kuatir, dengan Gimp kita bisa melakukan itu juga.

Video Player & Rhytmbox Music Player. Dua aplikasi ini adalah aplikasi hiburan yang bisa kita nikmati dalam Ubuntu, yaitu pemutar video dan pemutar musik, penggunakan kedua aplikasi ini cukup mudah, dan mendukung file-file video audio yang ada saat ini.

Firefox. Untuk yang satu ini sepertinya tidak perlu penjelasan lebih lanjut, karena pasti semua sudah mengenalnya. Jangan kuatir plugins-plugins yang biasa kita gunakan dalam Firefox versi Windows, bisa juga kita dapatkan versi Linux-nya. Jangan lupa Firefox dulu berawal dari Linux juga.

Evolution Mail. Dari namanya sudah jelas aplikasi ini ditujukan untuk mengatur akun-akun email kita, sama seperti Outlook Express atau Microsoft Outlook. Jika kita biasa menggunakan Thunderbird, kita bisa juga mendownloadnya untuk versi Linux.

Pidgin. Jika kita biasa chatting dengan Yahoo Messenger, Google Talk, Gadu Gadu, MSN, atau aplikasi messenger lainnya, maka kita tidak perlu kuatir harus menginstall masing-masing aplikasi tersebut secara terpisah, karena dalam Pidgin, kita bisa mengakses berbagai macam akun messenger kita (all in one kalo kata orang, he he he).

Nah, selain aplikasi tersebut di atas, masih ada lagi aplikasi utility lainnya seperti Braserountuk memburning cd (seperti Nero), atau Networking untuk mengatur jaringan dan koneksi yang kita gunakan, dan masih banyak lagi aplikasi-aplikasi lainnya yang bisa kita download.

Nah, bagaimana? Apakah tertarik untuk mencoba Ubuntu 8.10 ini?

Jika ya, silakan download OS ini di alamat http://www.ubuntu.com/getubuntu/download.

Atau bisa juga mengajukan permintaan pengiriman CD (gratis juga kok) melalui alamat inihttps://shipit.ubuntu.com/, tapi jangan lupa untuk mendaftarkan diri dulu di bagian Log In/Register. Isi form-form yang ada, dan kita tinggal menunggu CD tersebut sampai ke rumah kita (sekitar satu bulan proses pengiriman ini), biaya yang kita keluarkan hanya sebesar 7 ribu untuk ongkos packing ulang oleh PT POS Indonesia (jadi biaya bukan dari Ubuntu).

sumber : http://ariawijaya.com

0 comments:

Post a Comment