Tips memilih LCD Proyektor

Memilih tipe dan jenis projector adalah hal yang paling sederhana. Asalkan anda mengetahui parameter apa yang terkandung didalam sebuah projector. Biasanya setiap projector menyertakan ukuran parameter standart dalam setiap spesifikasi yang di cantumkan di brosur. Misalnya; ansi lument, resolusi, jenis projector itu sendiri dan berat projector. Disamping itu dalam brosur juga ditambahkan fitur fitur tambahan seperti keysone, seting warna dinding, seting lampu economi, sambungan wireless atau jaringan, free pc presentatio, conektor input dll.
Dilihat dari sisi pemakai ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misal untuk keperluan presentasi/marketing diperlukan projector tipe lcd/dlp dengan bobot yang sangat ringan, mudah dijinjing dan dapat dinyalakan/dimatikan dengan cepat, memiliki fungsi tambahan usb/multimedia card untuk presentasi tanpa harus menggunakan komputer.


Konsekuensinya tipe ringan ini memiliki ansi lument yang rendah dan harga yang lumayan.
Sedangkan untuk keperluan ruang meeting seukuran sedang untuk sekitar 10-20 audien diperlukan projector lcd dengan ansi sekitar 1600-2600 lument, resolusi svga/xga dengan ruang tembak sekitar 70 inch, soal ukuran dan berat tidak menjadi masalah. Bila memerlukan tampilan input dari banyak komputer, gunakan opsi wireless.
Sedangkan untuk keperluan besar atau untuk hall dan tempat terbuka diperlukan ansi lument yang sangat besar, diatas 3500 sampai 12000.
Sedangkan yang terakhir adalah projector yang sering digunakan sebagai home theatre adalah projector dengan tipe dlp. Tipe ini memiliki warna yang lebih lembut, bintik yang halus dan tidak menyilaukan, memiliki contras ratio tinggi dan ansi lument rendah (untuk ruangan gelap).
Sesuai dengan jenis dan tujuannya, bila anda membeli projector dlp untuk keperluan presentasi jangan berharap mendapatkan kecerahan cahaya yang tinggi dan warna yang sempurna untuk ruangan dengan cahaya sedang. Tetapi bila anda sering menggunakan projector untuk keperluan menonton pertunjukan, anda akan terlalu silau bila menggunakan projector tipe lcd. Dari kedua jenis projector itu tidak ada aturan baku mana yang harus dipilih, akan tetapi mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan anda. Dari sisi harga sangat bervariasi, setiap merek memiliki range harga tertentu dan selalu berbanding lurus dengan kualitas barang. Istilahnya harga tidak pernah bohong, buat apa beli yang murah tapi murahan? Atau cepet rusak?. Pilihlah merek projector yang memiliki after sales service yang baik. Pastikan barang yang akan anda beli memiliki jaminan garansi resmi. Selalu bandingkan dengan website lain setiap anda akan membeli barang untuk merek dan tipe sejenis. Disini kami tidak menyarankan anda untuk memilih merek tertentu, tetapi disarankan untuk memilih projector sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan budget.
Semoga tips ini dapat membantu anda menentukan mana yang sesuai dan terbaik untuk ada.

Yang harus diperhatikan untuk memperoleh LCD Proyektor
a. Harga yang kompetitif (murah) dengan melihat pencahayaan dan reolusi
b. Mutu gambar dan kontras yang tinggi
c. Ukuran dan berat proyektor
d. Format video yang mendukung semua proyektor
e. Kedalaman ANSI Lumens berkisar 2000 - 25000
f. Purna jual dan garansi proyektor

Bagaimana memilih LCD Proyektor dengan tepat perlu diperhatikan :
a. Teknologi Image Engine diantaranya LCD,CRT,LDP dan LCOS, pilihlah LCD
b. Resolusi SVGA,XVGA,SXGA dan UXGA, pilih resolusi yang tinggi SVGA
c. Brightness (pencahayaan) dengan ukuran ANSI Lumens, pilih dengan ANSI Lumens yang lebih besar
d. Koneksi mempengaruhi kualitas gambar VGA, RGB,RCA,S-Video,DVI, pilih yang paling lengkap
e. Ukuran (besar kecil) LCD proyektor, pilih ukuran yang kecil

sumber : http://gawaonline.wordpress.com

5 comments:

rony said...

Informasi yang sangat membantu saya untuk memilih proyektor yang sesuai dengan kebutuhan dan budget

madi said...

mantap bgt infonya

sewa laptop-lcd said...

Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya http://sewaproyektordisurabaya.blogspot.com/

sewa laptop-lcd said...

Nice Info Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya
http://sewaproyektordisurabaya.blogspot.com/2015

aikawa faith said...

NIce Post Jangan Lupa Kunjungi Blog Kami http://sewaprojectormurahsurabaya.blogspot.com/

Post a Comment