Tips Memilih Webhosting Provider

Ada beberapa tips untuk memilih web hosting dan apa saja yang perlu dilihat dan diperhatikan dari sebuah perusahaan penyedia jasa web hosting sebelum anda mempercayakan domain dan hosting website Anda kepada mereka.

Keberadaan Perusahaan, ini harus jelas statusnya, alamat kantor yang jelas dan status badan hukum perusahaan tersebut. hal ini sangat penting demi kelangsungan website Anda nantinya, jangan sampai baru setahun, langsung hilang tanpa jejak karena mereka tutup atau bangkrut. Keberadaan perusahaan meliputi status badan hukum, alamat kantor secara fisik, nomor telepon, dan email yang jelas. Jadi kalo pengen protes atau kompalin bisa langsung dan mudah di hubungi. Lihat juga perusahaan tersebut sudah beroperasi sejak kapan, bisa dilakukan dengan mengecek whois domain dari perusahaan tersebut.

Harga, siapa saja paling senang kalo harganya murah, tapi harga murah belum tentu jelek atau bagus. Bandingkan harga yang ditawarkan dengan harga yang ditawarkan penyedia lain. Kadang sebagian memberikan harga murah dengan mengurangi fasilitas/fitur tertentu, silahkan bandingkan harga dengan fasilitas yang ditawarkan.
Fasilitas dan Fitur, Fasilitas disini termasuk, management domain dan hosting, apakah anda di bolehkan untuk memilih apakah harus hosting di situ seterusnya atau anda bisa mengarahkan domain anda kemana saja anda mau. Artinya Anda harus punya hak untuk mengatur domain Anda sepenuhnya, karena Anda boleh hosting dimana saja dan beli domain dimana saja, nggak harus di tempat yang sama.
Ada beberapa web hosting yang memberikan beberapa fasilitas/ fitur Unlimited , ini sebenarnya tidak mungkin, karena segala sesuatu ada batasannya, misalnya Space-Unlimited (tidak ada di dunia ini hard disk yang unlimited), Bandwidth-Unlimited (tidak ada di dunia ini bandwidth yang gratis, bisa di pakai seenaknya)
Jangan Baca Testimonial, yang namanya testimonial biasanya isinya cuman yang baik-baik aja, kalo pengen tau web hosting tersebut bagus atau tidak, lihat atau tanya siapa saja customer/pelanggan nya, lihat dari daftar. kalo yang anda liat banyak dan di antaranya ada beberapa web/perusahaan besar, kemungkinan web hosting tersebut bagus.
Customer Support, ini penting karena web anda bisa saja down atau mengalami masalah sewaktu-waktu. Lihat web hosting yang customer supportnya selalu online 24 jam/7, artinya kapan saja Anda menghubungi mereka, mereka akan siap melayani Anda, baik secara online lewat messenger, email maupun secara offline lewat telepon.
Keamanan, Kecepatan dan Kualitas server, hal ini berhubungan dengan kecepatan akses terhadap web Anda. Biasanya web hosting memberikan pilihan lokasi server ketika Anda membeli web hosting, jika target pengunjung Anda adalah dari Indonesia maka akan lebih baik apabila lokasi server web Anda ada di Indonesia dan sebaliknya apabila target pengunjung web Anda dari luar negeri, pilih lokasi server di USA atau negara lainnya.
Lihat juga apakah sistem operasi yang mereka gunakan, linux atau windows. kalo web Anda banyak menggunakan PHP, sebaiknya pilih yang pake linux.
Tanya, sebaiknya anda tanya teman atau customer dari sebuah web hosting tentang layanan yang mereka dapat dari sebuah penyedia web hosting. Biasanya orang akan memberikan keterangan tentang kekurang dan kelebihan dari sebuah layanan yang mereka terima. Dan minta rekomendai apakah atau dimana sebaiknya Anda membeli domain dan web hosting.
sumber : http://nimhost.com

0 comments:

Post a Comment

Best Brands

Anti Virus (5) Antivirus 2011 (1) antivirus terbaru (5) aplikasi gratis (2) Apple (1) Avira Antivir terbaru (1) berita teknologi (28) Bisnis Onlie (3) Bisnis Online (2) Blogvertise (1) Browser (3) Cara cari uang di Internet (1) Custom Blog (1) Dampak Teknologi Informasi (2) Digital Camera (6) Domain (1) download (9) ebook (1) error pada shoutmix (1) Excel (1) Facebook (8) Free Webhosting (1) Game (1) google (1) GPS (1) Handphone (3) Hardware (13) Hosting (1) HTML (1) IMCrew (1) Internet (24) Internet Explorer (1) iPAD (1) iPhone (1) Jaringan Komputer (7) Kebijakan Pemerintah (1) Kolom Tutorial (27) Komputer (5) Komputer terbaru (2) LAN (9) Lapop (3) laptop (1) Laptop 3D (1) laptop blue screen (2) Links Exchange (1) Linux (6) Makalah TIK (2) Materi Pembelajaran TIK (11) Materi TIK SMP Kelas 7 (16) Materi TIK SMP Kelas 8 (6) Materi TIK SMP Kelas 9 (2) mengatasi blue screen (1) Mengatasi komputer hang (1) Microsoft Office (8) monitor (1) Mouse (1) Netbook (1) Nokia (2) Notebook (10) Operasi Dasar Pada Operating System (1) Operating System (13) optimasi blog (3) Paid Review (1) paypal (1) PC (3) Pengantar Ilmu Komputer (4) Pengenalan komputer (2) Pengolah Grafis (1) PerananTeknologi Informasi (2) Perangkat Keras (3) Perangkat Lunak (1) Perkembangan TIK (14) Pernanan Teknologi Informasi (3) Photoshop (1) Ponsel (1) Pornografi Blog (1) PowerPoint (1) Powersuplly (1) PTC (1) Review Program (1) Samsung (1) Search engine (1) Sejarah Komputer (6) Sejarah TIK (2) SEO (2) Sistem Operasi (2) Smadav 8.4 (1) Smadav Januari 2010 (1) SMS (1) Soal TIK (2) Software (30) Software Pengolah Gambar (1) Teknologi Informasi (3) TIK (1) tips and trik (1) Tips and Triks (14) Twitter (1) Ubuntu (2) Video (1) Virus Komputer (2) Windows (5) Wireless (5) Yahoo (1)