Mengenal Pascal

Pascal adalah bahasa tingkat tinggi (high level language) yang orientasinya pada segala tujuan,dirancang oleh Profesor Niklaus Wirth dari technical University di Zurich, Switzerland. Naa pascal diambil sebagai peghargaan terhadap Blaise Pascal, Ahli matematika dan philoshopi terkenal abad 17 dari perancis.

Profesor Niklaus Wirth memperkenalkan kompiler bahasa pascal pertama kali untuk komputer CDC 6000 (Control Data Corporation) yang dipublikasikan pada tahun 1971 dengan tujuan untuk membantu mengajar komputer secara sistematik.khususnya untuk memperkanalkan pemrograman yang terstruktur.


Struktur Program Pascal

Struktur Program pascal terdiri dari sebuah judul program (program heading) dan suatu blok program (Program block) atau badan program (body program).Blok program dibagi lagi menjadi dua bagian, yaitu bagian deklarasi (declaration part) dan bagian pernyatan (statemen part).Bagian Deklarasi dapat terdiri dari deklarasi label (labels declaration), deklarasi konstanta (constants declaration),deklarasi tipe (type declaration), deklarasi variabel (varables declaration), deklarasi prosedur (prosedures declaration) dan deklarasi fungsi (function declaration) secara ringkas struktur suatu proram pascal dapat terdiri dari:

  1. Judul Program
  2. Blok program

a. Bagian deklarasi

ü Deklarasi label

ü Definisi konstanta

ü Definisi tipe

ü Deklarasi variabel

ü Deklarasi prosedur

ü Deklarasi fungsi

b. Bagian pernyataan

Memulai Program pascal

Program latihan1

uses wincrt;

begin

Writeln(‘Hari ini Aq belajar Pascal di windows’);

Writeln(‘Hari ini Aq belajar Pascal di windows’);

end.

Perintah-perintah dasar program turbo pascal

USES CRT /USES WINCRT : digunakan untuk memanipulasi/pengaturan layar dalam pengetikan naskah yakni menampung 80 karakter dan 25 baris

CLRSCR : untuk membersihkan isi memory dan seluruh tulisan yang berada dilayar monitor pada setiap pembacaan awal program

BEGIN : memulai program

WRITE : perintah untuk mencetak hasil pada layar dan pada baris yang sama

WRITELN : mencetak hasil pada layar dan pada baris berikutnya

READ : perintah untuk membaca data yang masukan si pemakai (posisi kursor pada baris yang sama)

READLN : perintah untuk membaca data yang dimasukan si pemakai (posisi kursor pada baris baru)

END : untuk mengakhiri program

BAGIAN DEKLARASI

Bagian deklarasi digunakan bila didalam program anda menggunakan pengenal (identifier).identifier dapat berupa label,konstanta ,tipe, variabel ,prosedure dan fungsi. Kalau suatu program menggunakan identifier,pascal menuntut supaya identifier tersebut dikenalkan terlebih dahulu sebelum digunakan yaitu dideklarasikan terlebih dahulu pada bagian ini.

  1. Deklarasi konstanta

Bagian ini digunakan bia anda ingin menggunakan identifier yang berisi nilai-nilai konstanta. Definisi Const diikuti oleh kumpulan identifier yang diberi suatu nilai konstanta.

Contoh :

Program Contoh_Konstanta(layar);

Uses wincrt;

Const

Potongan = 0,2;

Gaji = 2500;

NamaPerusahaan=’P.T Lali Jiwa’;

Begin

Writeln(‘Potongan =’,Potongan);

Writeln(‘Gaji =’,Gaji);

Writeln(‘nama =’,NamaPerusahaan);

End.

Bila program dijalankan akan didapatkan hasil:

Potongan = 2.000000000E-01

Gaji =25000

Name =P.T Lali Jiwa

Turbo pascal mempunyai beberapa konstanta yang tidak perlu didefinisikan, dapat dipergunakan langsung diantaranya yaitu:

False dengan tipe Boolean, bernilai logika salah

True dengan tipe Boolean,bernilai logika benar

Maxint dengan tipe numerik integer, bernilai 32767

MaxlongInt dengan tipe numerik integer, bernilai 2147483647

Contoh

Program Contoh_Konstanta_terdefinisi(lyar);

Uses wincrt;

Begin

Writeln(‘nilai Logika benar =’,True);

Writeln(‘nilai logika salah =’,false);

Writeln(‘nilai MaxInt =’,Maxint);

Writeln(‘Nilai MaxlongInt =’,MaxlongInt);

End.

Bila Program dijalankan,akan didapatkan hasil:

Nilai Logika benar =True

Nilai logika salah =false

Nilai maxInt =32767

Nilai MaxlongInt =2147483647

  1. Deklarasi variabel

Jika konstanta merupakan identifier berisi data konstanta yag nilainya sudah ditentukan dan pasti,tidak dapat dirubah didalam program, maka variabel adalah identifier yang berisi data yang dapat berubah-ubah nilainya didalam program.tetapi dengan menggunakan variabel,nilainya dapat anda rubah-rubah didalam program.Hampir semua program pascal harus dideklarasikan sebelum digunakan.kata cadangan Var digunakan sebagai judul didalam bagian deklarasi variabel dan diikuti oleh satu atau lebih identifier yang dipisahkan koma,diikuti dengan titik dua dan tipe dari datanya serta diakhiri dengan titik koma.

Contoh

1pascal

Bila program ini dijalankan, akan didapat hasil:

Gaji bulanan : Rp 5.0000000000E+04

Tunjangan : Rp 1.0250000000E+05

Total Gaji : Rp 1.5250000000E+05

Sudah menikah : TRUE

jumlah Anak : 3

Keterangan : Karyawan Teladan

Penjelasan :

Pada contoh program ini berarti telah dideklarasikan sebnyak 6 buah variabel dengan pengenalnya masing-masing bernama Total, Gaji, Tunjangan, Menikah, JumlahAnak dan keterangan. Variabel-variabel ini nantinya akan diisi dengan suat nilai data.Pascal merupakan bahasa yang menuntut penjelasan dari tipe data yang akan dipergunakan.

3. Deklarasi tipe

Terdapat beberapa macam tipe dari data yaitu:

a. Data tipe sederhana(simple-type data) terdiri dari:

1. Tipe data standar (standard data type):

Integer ,real ,char , string, boolean

2. Tipe data didefinisikan pemakai (user-defined data type)

Enumerated tau scalar type ,subrange type

b. Tipe data terstruktur (strucuted-type data) terdiri dari:

1. Array

2. Record

3. File

4. Set

c. Tipe data penunjuk (pointer-type data).

Contoh mendeklarasikan tipe data sederhana :

2pascal

Dari deklarasi tipe tersebut, berarti sekarang Anda tidak harus menyebutkan tipe datanya aalah real , tetapi dapat menggunakan kata Pecahan. Demikian juga dengan tipe data boolean, integer dan string[25], berturut-turut dapat diganti dengan Logika, Bulat dan Huruf didalam deklarasi Variabel, sebagai berikut ini

Contoh:

3pascal


4.Deklarasi Label

Kalau program anda mengguakan statemen Goto untuk meloncat ke suatu statemen yang tertentu, maka dibutuhkan suatu label pada statemen yang dituju dan label tersebut harus dideklarasikan terlebih dahulu pada bagian deklarasi.

Contoh

Program Contoh_Label(layar);

Uses wincrt;

Label

100, selesai;

Begin

Writeln(‘Bahasa’);

Goto 100;

Writeln(‘BASIC’);

Writeln(‘COBOL’);

100:

Writeln(‘Pascal’);

Go to selesai;

Writeln(‘FORTRAN’);

Selesai;

End.

Bila program ini dijalankan ,akan didapatkan hasil:

Bahasa

Pascal

5. Deklarasi prosedur

Prosedure merupakan bagian yang terpisah dari prpgram dan dapat diaktifkan dimanapun didalam program. KataProcedure digunakan sebagai judul dari bagian deklarasi prosedur,diikuti oleh identifier yang merupakan nama dari prosedurnya secara optional dapat diikuti lagi oleh kumpulan parameter yang diakhiri dengan titik koma.

Contoh

4pascal

Program Contoh_Prosedur(Layar);

Uses wincrt;

Procedure Tambah(x,y : integer; var hasil:integer);

Begin

Hasil :=x+y;

End;

{program utama}

Var

z:integer;

Begin

Tambah(2,3,z);

Writeln(‘2 + 3 =’, z);

End.

Bila program ini dijalankan akan didapat hasil :

2 + 3 = 5

6. Deklarasi Fungsi

Fungsi juga merupakan bagian program yang terpisah mirip dengan prosedur, tetapi ada beberapa perbedaanya. KataFunction mengawali bagian deklarasi fungsi diikuti oleh identifier yang merupakan nama dari fungsinya dan secara optional dapat diikuti oleh kumpulan parameter.tipe dari fungsinya dan diakhiri dengan titik koma.

Contoh:

FUNCTION pangkat(X,Y :real) :real;

Contoh

5pascal

Bila program ini dijalankan , akan didapatkan hasil :

2 + 3 = 5

sumber : http://agungprudent.wordpress.com

0 comments:

Post a Comment

Best Brands

Anti Virus (5) Antivirus 2011 (1) antivirus terbaru (5) aplikasi gratis (2) Apple (1) Avira Antivir terbaru (1) berita teknologi (28) Bisnis Onlie (3) Bisnis Online (2) Blogvertise (1) Browser (3) Cara cari uang di Internet (1) Custom Blog (1) Dampak Teknologi Informasi (2) Digital Camera (6) Domain (1) download (9) ebook (1) error pada shoutmix (1) Excel (1) Facebook (8) Free Webhosting (1) Game (1) google (1) GPS (1) Handphone (3) Hardware (13) Hosting (1) HTML (1) IMCrew (1) Internet (24) Internet Explorer (1) iPAD (1) iPhone (1) Jaringan Komputer (7) Kebijakan Pemerintah (1) Kolom Tutorial (25) Komputer (5) Komputer terbaru (2) LAN (9) Lapop (3) laptop (1) Laptop 3D (1) laptop blue screen (2) Links Exchange (1) Linux (6) Makalah TIK (2) Materi Pembelajaran TIK (11) Materi TIK SMP Kelas 7 (16) Materi TIK SMP Kelas 8 (6) Materi TIK SMP Kelas 9 (2) mengatasi blue screen (1) Mengatasi komputer hang (1) Microsoft Office (8) monitor (1) Mouse (1) Netbook (1) Nokia (2) Notebook (10) Operasi Dasar Pada Operating System (1) Operating System (13) optimasi blog (3) Paid Review (1) paypal (1) PC (3) Pengantar Ilmu Komputer (4) Pengenalan komputer (2) Pengolah Grafis (1) PerananTeknologi Informasi (2) Perangkat Keras (3) Perangkat Lunak (1) Perkembangan TIK (14) Pernanan Teknologi Informasi (3) Photoshop (1) Ponsel (1) Pornografi Blog (1) PowerPoint (1) Powersuplly (1) PTC (1) Review Program (1) Samsung (1) Search engine (1) Sejarah Komputer (6) Sejarah TIK (2) SEO (2) Sistem Operasi (2) Smadav 8.4 (1) Smadav Januari 2010 (1) SMS (1) Soal TIK (2) Software (30) Software Pengolah Gambar (1) Teknologi Informasi (3) TIK (1) tips and trik (1) Tips and Triks (14) Twitter (1) Ubuntu (2) Video (1) Virus Komputer (2) Windows (5) Wireless (5) Yahoo (1)