Tips Membeli Komputer

Membeli laptop atau komputer bekas bisa jadi pilihan menarik. Misalnya, anda ingin menghemat uang atau sekedar membelikan laptop bagi anak agar melek komputer. Apapun alasannya, berikut beberapa tips membeli laptop bekas berkualitas seperti dikutip dari blaptops:

1. Perhatikan seksama fisik laptop casis kondisi dari casis laptop mengindikasikan apakah laptop bekas dirawat dengan baik. Perhatikan baik-baik seluruh casis laptop sehingga tanda-tanda goresan dan mengelupasnya cat menandakan bahwa laptop digunakan dengan sembarangan.

2. Perhatikan dengan seksama kondisi skrup, bila dia sering bersentuhan dengan obeng menandakan laptop sering di bongkar entah service atau upgrade lainnya.

3. Apabila laptop itu beli dari baru (tangan pertama), perhatikan segel original dari toko atau distributor pemilik merek laptop tersebut, perhatikan dengan seksama apakah segel tersebut sudah rusak (putus) atau belum. Bila sudah putus(rusak) menandakan laptop pernah di buka atau service. Namun apabila anda beli laptop second dari toko penjual laptop biasanya akan ditempeli segel toko tersebut sehingga putusnya segel tidak kelihatan.

4. Layar laptop layar lcd laptop adalah salah satu komponen paling mahal. Karena itu, pastikan layar laptop masih mampu bekerja dengan baik, dengan melihat dari sudut kemiringan tertentu. Dan perhatikan apakah ada noda seperti jamur atau tidak. Biasanya pedagang computer menyebutnya jamur atau noda yang bisa dibersihkan, namun sebenarnya bukan,itu sebenarnya adalah dead pixl pada lcd yang tidak bisa diperbaiki, meskipun tidak menyebar tapi kalau terlalu besar cukup mengganggu pandangan.

5. Keyboard dan touchpad pastikan keyboard dan touchpad laptop masih berfungsi baik. Hal ini karena mengganti keyboard dan touchpad, selain membutuhkan biaya juga tak semudah seperti halnya di desktop.

6. Perhatikan seksama komponen dalam laptop prosesor untuk saat ini (khususny untuk anda pecinta flash games), sebaiknya anda membeli laptop bekas berprossesor minimal pentium iii. Prosesor ini masih mampu menjalankan sistem operasi modern seperti windows xp dengan cukup baik

7. Memori/ram biasanya berharga murah saat ini. Teliti kapasitas ram dan periksa apakah bisa ***pgrade dengan mudah jika suatu saat anda menginginkannya. Jenis memory laptop bernama sodim, dengan klasifikasi hampir sama dengan memory pc, ada sdram, ddr1, ddr2 dll. Ram minimal untuk menjalankan windows xp 128 mb.

8. Kapasitas harddisk laptop lama mungkin hanya punya kapasitas harddisk maksimal 40 gb, bahkan ada yang hanya 10 gb. Tentukan kapasitas yang memenuhi kebutuhan anda dalam menyimpan data. Perlu dicatat windows xp perlu kapasitas hd 1gb, office dan berbagai program standart ± 1,5 gb.

9. Baterai laptop bekas biasanya lemah. Pertimbangkan apakah anda memerlukan baterai baru. Jika misalnya laptop hanya dipakai di rumah, anda mungkin tak perlu baterai baru dan bisa mengandalkan daya listrik.

10. Tanyai diri anda tanyakan pada diri anda apakah sudah mantap membeli laptop bekas untuk belajar it. Apakah laptop bekas tersebut kira-kira bisa bertahan cukup lama atau apakah tidak sebaiknya anda menunggu waktu untuk membeli yang baru? Ingat, harga laptop baru makin menurun seiring perkembangan teknologi. Namun jika anda sudah mantap membeli laptop bekas dengan mempertimbangkan berbagai untung rugi, lakukan saja.

http://komputer-duo.com

0 comments:

Post a Comment