Tips Memilih Modem untuk Laptop atau PC di rumah

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut modem, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.cara memilih modem:

Memilih modem internet yang sesuai untuk keperluan internet anda sangatlah penting. Karena pilihan modem akan mempengaruhi harga yang harus anda bayar dan juga kualitas dari modem itu sendiri. Kecepatan akses internet selain tergantung dari penyedia internet anda, juga sangat tergantung dari jenis modem internet yang dipakai. Sehingga sangatlah bijak jika anda ingin komputer anda tersambung dengan internet melalui modem, maka terlebih dahulu anda harus memperhitungkan kecepatan internet yang disediakan oleh penyedia internet anda. Apakah kecepatan dari paket layanan internet yang anda pilih hanya sebatas GPRS atau sudah mendukung 3G, atau bahkan telah mendukung jaringan HSDPA dan HSUPA. Jangan sampai modem yang anda pilih tidak mampu menjembatani koneksi internet anda yang cepat atau tinggi. Dan juga jangan sampai sebaliknya. Pilihlah modem internet yang sesuai dengan kecepatan internet anda.

berikut cara-cara dalam memilih MODEM #,5 G yang tepat...
Pilihlah modem yang anda inginkan, apakah untuk slot PCMCIA atau USB. Untuk slot PCMCIA, pastikan anda mempunyai slot ini di notebook anda atau jika anda memakai PC Desktop, pilihlah modem PCMCIA yang bundled dengan interface PCI-nya. Menurut teman-teman yang memakai modem PCMCIA, modem ini lebih ‘bandel’ dibandingkan dengan modem USB karena connection dengan notebook atau desktop lebih solid, kelemahannya adalah drivernya harus diinstall secara manual. Untuk modem USB, modem ini lebih compact dan mudah dibawa. Instalasi drivernya akan secara otomatis terinstall dari firm software yang tersimpan di modem tersebut. Memang harga modem PCMCIA relatif lebih murah dengan modem USB. Jika anda mempunyai handphone 3G(WCDMA) atau 3.5G(HSDPA), anda dapat menggunakannya sebagai modem tetapi hati-hati dengan memakaian yang terus-menerus karena akan merusak battery-nya.
Pilihlah kecepatan atau speed maksimum dari modem yang sesuai dengan kebutuhan anda. Sekarang, harga modem 3.5G dengan kecepatan maksimum 1,8 Mbps sudah turun, dengan spesifikasi ini, jika QoS atau bandwidth wireless internet anda hanya 256 kbps, kecepatan modem tersebut sudah lebih dari cukup atau anda bisa menggunakan handphone 3G anda sebagai modem.
Pilihlah modem USB yang berbentuk stick karena akan mempermudah anda bergerak tanpa harus repot memegang modem tersebut.
Pilihnya modem yang mempunyai fitur tambahan. Ada modem USB yang mempunyai slot Micro SD, jadi anda tinggal menambah Micro SD dan modem anda dapat digunakan sebagai flash memory.
JANGAN LUPA PERTIMBANGKAN HAL-HAL BERIKUT....

1. Garansi
Di pasaran terdapat 3 jenis garansi yaitu 1 Bulan, 3 Bulan dan 12 Bulan (1 Tahun).

Biasanya untuk garansi yang makin singkat harga modemnya lebih murah, tetapi hal itu tidak menjamin modem tersebut bagus.

Apabila kebetulan anda memdapatkan modem yang awet / tidak rusak maka Anda sedang beruntung, tetapi Apabila Anda mendapatkan modem bermasalah dan sudah lewat masa garansi yang rusak maka Anda juga yang rugi besar.

Untuk memperbaiki modem tersebut juga memerlukan biaya dan setelah di hitung-hitung harganya bisa lebih mahal dari modem yang garansi 12 Bulan ( 1 Tahun).

Jadi untuk amannya mendinggan beli modem yang bergaransi 12 Bulan (1 Tahun) dari distributor resmi

2. Merek

Zaman sekarang banyak sekali merek modem antara lain : Modem Huawei, Siera, GT-Max, Toshiba, Novatel, Option, Speed Up, Area dan sebagainya.

Tetapi yang paling banyak dicari adalah 3G Huawei dan HSDPA Sierra

Kelebihan Modem Huawei :

- Sudah sangat umum dan populer karena sudah dipakai oleh berbagai provider besar seperti Indosat IM2, Telkom Flash, Three, Vodafone (Info dari Forum Of Nuclear Engineering Gadjah Mada University)

- Terdapat Slot kartu Micro SD (up to 8 gigabit)


Sierra Compass 885
Harga Rp. 650.000
Garansi 1 tahun
tertarik??? hubungi 08156720461

Modem 3G Huawei E220

Kelebihan Sierra :

- Modelnya bagus & stylish made in Korea.

3. Speed / Kecepatan (Mbps) :

Pada umumnya kecepatan suatu modem akan mempengaruhi harganya.

Speednya semakin tinggi (ada yang 7.2Mbps, 3.6 Mbps, 1.8 Mbps) maka harga modemnya juga biasanya lebih mahal begitu pula sebaliknya. Ada juga yang menekankan HSUPA dimana uploadnya 2Mbps lebih tinggi dari HSDPA

Untuk kenyamanan Anda yang sedang ingin membeli modem, maka sebaiknya pilih Modem HSDPA 3G atau 3.5G yang terbaik dan best seller berikut :

1.Sierra 885 Compass

2. Sierra 881U

Masih ada tipe tipe modem lain dengan spesifikasinya masing masing seperti: Huawei E156, Huawei E160, Huawei E272, Huawei E172, Huawei E270, Huawei E870, Sierra 875U, Sierra 875 PCMCIA,

Jika Anda ingin konsultasi lebih jauh lagi, agar tidak salah memilih modem, silahkan kunjungi website dari para pemegang merek Huawei, Sierra, dan Options

sumber : http://pasarkelontong.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment