Kolaborasi Peta, E-mail, dan IM antara Yahoo dan Nokia

Inilah berita yang cukup menggembirakan bagi para pengguna Nokia dan Penggemar Yahoo. Menurut berita yang diturunkan Kompas.com hari ini menyebutkan bahwa Dua perusahaan teknologi besar tersebut, Nokia dan Yahoo, sepakat melakukan kerja sama dalam tiga bidang, yaitu layanan pemetaan, e-mail, dan instant messaging (IM). Yahoo akan menggunakan peta dan navigasi Nokia Ovi Maps, sementara Nokia akan menggunakan teknologi e-mail dan IM dari Yahoo.

Kesepakatan itu dilakukan hari Senin (24/5/2010) antara CEO Yahoo Carol Bartz dan CEO Nokia Oli-Pekka Kallasvuo di New York, Amerika Serikat. Kerja sama ini merupakan upaya kedua belah pihak memperkuat layanannya masing-masing.

CEO Yahoo Carol Bartz menyatakan, selama ini Yahoo tidak terlalu fokus dalam pengembangan layanan peta sehingga tertinggal jauh dengan Google. Melalui kerja sama ini, Yahoo bakal kembali bersaing di layanan peta dan navigasi. Sementara itu, CEO Nokia Oli-Pekka Kallasvuo menyatakan, dengan bekerja sama dengan Yahoo, pihaknya punya peluang merambah pangsa pasar lebih besar di AS. Meski produsen ponsel terbesar di dunia, Nokia kalah di pasar Amerika.

Layanan itu akan tetap mempertahankan merek masing-masing dengan cara co-branding. Layanan navigasi Yahoo akan dilabeli "powered by Ovi", sedangkan layanan Ovi Mail dan Ovi Chat dari Nokia akan ditambah label "powered by Yahoo".

sumber : kompas.com

0 comments:

Post a Comment