Mengenal HTML (Hyper Text Mark up Language)

Mungkin kalau anda masih duduk di kelas 9 SMP atau justrus anda seorang guru SMP maka kata HTML mungkin sudah tidak asng lag bagi anda. Materi ini adalah salah satu dari bahan ajar kelas 9. HTML penting sekali bagi teman-teman yang suka mengutak-atik script website, atau blogger. HTML merupakan singkatan dari hyper text mark up language yang berfungsi untuk menampilkan informasi yang akan kita tampilkan ke dalam website atau halaman web kita.HTML dapat menampilkan informasi dalam bentuk hyper text.HTML adalah sebuah jenis teks dokumen khusus yang digunakan oleh Web browser untuk mempresentasikan teks dan gambar. Di dalam teks tersebut terdapat tag markup seperti

untuk menandakan awal dari sebuah paragraf, dan

untuk menandakan akhir dari sebuah paragraf. Dokumen HTML sering disebut sebagai "halaman Web". Browser mengambil halaman Web dari Web server dan karena adanya Internet, halaman tersebut bisa berada di manapun di dunia.

Banyak orang masih menulis HTML secara manual menggunakan perangkat lunak seperti NotePad pada Windows. Petunjuk ini akan membuat anda membantu anda memahami dan membuatnya sendiri. Dan bila anda tidak ingin mengedit HTML secara manual dan ingin menggunakan HTML editor seperti Netscape Composer, atau W3C Amaya, petunjuk ini akan membuat anda mengerti, cukup untuk membuat anda mampu menggunakan perangkat tersebut lebih baik dan membuat dokumen HTML anda dapat di akses oleh berbagai macam browser. Begitu anda merasa nyaman dengan konsep dasar pembuatan HTML, anda mungkin ingin belajar bagaimana menambahkan style menggunakan CSS, dan lanjut dengan fitur yang dibahas pada halaman saya di HTML lanjutan.

Untuk menggunakan HTML komputer harus mendukung beberapa hal :
1. Komputer harus mempunyai text editor, text editor yang di gunakan untuk membuat HTML adalah notepad.

2. Komputer harus mempunyai web browser, misalnya internet explorer atau mozila firefox.

3. Anda harus mempunyai tempat penyimpanan yang cukup.

Cara menggunakan HTML.
Terlebih dahulu kita harus membuka text editor atau notepad. Untuk pembuatan kodenya kita harus membuka perintah dengan cara buka kurung.

1).Kode HTML harus di mulai dari buka kurung,lalu ketikkan tulisan HTML ke dalamnya lalu tutup kurung. Kemudian untuk mengakhiri perintah, masukkan kembali buka kurung lalu tanda garis miring dan masukkan tulisan HTML lalu tutup kurung dan enter.

2).Kemudian buka kurung dan ketikkan tulisan head setelah itu tutup kurung, dan untuk mengakhiri perintah buka kurung lalu tanda garis miring dan ketikkan tulisan head kemudian tutup kurung kembali.

3).Untuk menampilkan judul halaman home, kita harus mengetikkan kode HTMLnya caranya :

-buka kurung lalu ketikkan tulisan title lalu tutup kurung, kemudian ketikkan judul di halaman home,lalu buka kurung kembali lalu masukkan tanda garis miring dan ketikkan tulisan title dan tutup kurung. Setelah itu jangan lupa untuk menyimpannya.

Setelah itu kita akan menambahkan konten caranya :

1). Masukkan tanda buka kurung seperti sebelumnya lalu ketikkan tulisan boddy lalu tutup kurung. Kemudian tutup perintah ini dengan buka kurung lalu masukkan tanda garis miring dan ketikkan tulisan boddy lalu tutup kurung kembali. Setelah itu kita ketikkan konten website yang kita inginkan, setelah itu kita simpan.

2). Lalu kita dapat melihatnya di browser kemudian di refresh. Dan sekarang kita dapat melihat konten yang telah kita buat.

3). Untuk mengubah posisinya menjadi rata tengah kita dapat membuka kembali notepad kode HTMLnya, Dengan buka kurung lalu ketik tulisan center lalu tutup kurung,kemudian akhiri dengan buka kurung lalu garis miring dan ketik tulisan center dan tutup kurung kembali. Setelah itu kita simpan dan lihat pada browser anda dan refresh,Kemudian kita akan lihat tampilan konten yang kita baru kita buat dan konten berubah posisi menjadi rata tengah.

Ok, sedikit dulu tentang pengenalan html, lain kali kita sambung lagi. Karena materi ini cukup memusingkan kepala

0 comments:

Post a Comment