Mengenal PHP

Pernahkan Anda pernah mendengar istilah PHP? Di dunia internet, PHP sudah tidak asing lagi, yaitu bahasa pemrograman yang dibuat oleh Rasmus Lerdorf yang dipergunakan untuk membuat sebuah halaman web menjadi dinamis dan dapat bekerja sesuai keinginan pemilik situs Web.

PHP: Hypertext Prepocessor, bekerja pada sisi Server, dimana data akan diolah di server, kemudian akan dikirimkan ke client atau pengakses situs.

Pada kategori kategori ini, kita akan mempelajari bersama bagaimana menggunakan PHP mulai dari pengenalan sampai tingkat mahir. Perlu dicatat, saya sendiri bukan seorang programmer, bila Ada permasalahan, bisa kita diskusikan disini, kalau bisa akan saya jawab, tapi kalau tidak mudah-mudahan ada rekan lain yang bisa membantu.

PHP merupakan bahasa program berbasis web yang saat ini banyak digunakan oleh para web programmer untuk menciptakan situs web yang lebih dinamis. PHP diperkenalkan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995, pada waktu itu masih dekenal dengan nama FI (Form Interpreted ). PHP merupakan software gratis yang dirilis dibawah PHP License. Versi terakhir untuk php pada saat saya menulis artikel ini adalah versi 5.2.9.

Pada umumnya php dioperasikan pada webserver, dan dapat digunakan disemua webserver dan semua system operasi. Pengguna php sampai saat ini kurang lebih sekitar 20(dua puluh) juta website dan 1 juta webserver. Dengan kemampuan php yang dapat berkolaborasi dengan banyak bahasa pemrograman yang lain dan dukungan terhadap banyak database membuat php banyak digunakan oleh para web programmer.

Kemampuan php sendiri tidak hanya digunakan untuk membuat program-program web, melainkan sudah sampai pembuatan program-program aplikasi yang biasa di buat dari bahasa pemrograman desktop. Hal ini dikarenakan kemudahan untuk mengakses program melalui jaringan, program yang dihasilkan tidak membutuhkan spesifikasi computer yang rumit, dan banyak lagi kemudahan yang menyebabkan php menjadi pilihan untuk membuat program.

Untuk membangun website, php dengan dukungan ajax, dapat membuat sebuah website lebih hidup dan lebih dinamis, kalau istilah sekarang itu namanya web 2.0. Web 2.0 ini merupakan istilah untuk web yang memiliki interaksi yang tinggi terhadap user, tidak seperti web yang biasa, yang hanya menampilkan informasi 1(satu) arah.

Bagi Anda yang ingin membuat website dengan program php, tetapi Anda sendiri belum pernah dan tidak mengerti tentang php. Jangan takut sebab Anda dapat menggunakan program-program yang siap pakai, seperti Mambo, Joomla, Wordperss, dan masih banyak lagi dan tinggal download secara gratis di Internet.

Software yang Diperlukan Untuk Belajar PHP

Untuk belajar PHP, software yang diperlukan cukup sederhana dan semuanya bisa di unduh tanpa membayar yang Anda perlukan adalah:

1. Teks Editor: teks editor sederhana yang dapat dipergunakan adalah Notepad, namun bila Anda menginginkan teks editor yang lebih baik, dapat mempergunakan Notepad++
2. XAMPP Server, komputer Anda dapat dipergunakan sebagai simulasi server. Jadi Anda tidak perlu terhubung internet untuk belajar PHP, cukup menginstallnya di komputer Anda. Proses instalasinya pun cukup Mudah. XAMPP ini terdiri dari paket yang kita butuhkan yaitu: Apache Server, PHP, dan database MySQL.

Nah cukup sederhana Bukan, semoga tulisan ini bermanfaat.

sumber acuan :
http://blogs.unpad.ac.id
http://webmediacenter.com

0 comments:

Post a Comment

Best Brands

Anti Virus (5) Antivirus 2011 (1) antivirus terbaru (5) aplikasi gratis (2) Apple (1) Avira Antivir terbaru (1) berita teknologi (28) Bisnis Onlie (3) Bisnis Online (2) Blogvertise (1) Browser (3) Cara cari uang di Internet (1) Custom Blog (1) Dampak Teknologi Informasi (2) Digital Camera (6) Domain (1) download (9) ebook (1) error pada shoutmix (1) Excel (1) Facebook (8) Free Webhosting (1) Game (1) google (1) GPS (1) Handphone (3) Hardware (13) Hosting (1) HTML (1) IMCrew (1) Internet (24) Internet Explorer (1) iPAD (1) iPhone (1) Jaringan Komputer (7) Kebijakan Pemerintah (1) Kolom Tutorial (25) Komputer (5) Komputer terbaru (2) LAN (9) Lapop (3) laptop (1) Laptop 3D (1) laptop blue screen (2) Links Exchange (1) Linux (6) Makalah TIK (2) Materi Pembelajaran TIK (11) Materi TIK SMP Kelas 7 (16) Materi TIK SMP Kelas 8 (6) Materi TIK SMP Kelas 9 (2) mengatasi blue screen (1) Mengatasi komputer hang (1) Microsoft Office (8) monitor (1) Mouse (1) Netbook (1) Nokia (2) Notebook (10) Operasi Dasar Pada Operating System (1) Operating System (13) optimasi blog (3) Paid Review (1) paypal (1) PC (3) Pengantar Ilmu Komputer (4) Pengenalan komputer (2) Pengolah Grafis (1) PerananTeknologi Informasi (2) Perangkat Keras (3) Perangkat Lunak (1) Perkembangan TIK (14) Pernanan Teknologi Informasi (3) Photoshop (1) Ponsel (1) Pornografi Blog (1) PowerPoint (1) Powersuplly (1) PTC (1) Review Program (1) Samsung (1) Search engine (1) Sejarah Komputer (6) Sejarah TIK (2) SEO (2) Sistem Operasi (2) Smadav 8.4 (1) Smadav Januari 2010 (1) SMS (1) Soal TIK (2) Software (30) Software Pengolah Gambar (1) Teknologi Informasi (3) TIK (1) tips and trik (1) Tips and Triks (14) Twitter (1) Ubuntu (2) Video (1) Virus Komputer (2) Windows (5) Wireless (5) Yahoo (1)